Jumat, 10 Agustus 2018

Stroke ringan bisa sebabkan Alzheimer

Stroke ringan bisa sebabkan Alzheimer,- Stroke ringan yang terjadi karena penyumbatan saluran darah kecil ditengarai mampu menyebabkan kelainan perilaku, bahkan kelainan otak seperti demensia dan Alzheimer dalam jangka panjang, ungkap penelitian.

"Kami khawatir bahwa stroke ringan pada pasien mampu menimbulkan penyakit lain dalam jangka panjang, seperti demensia dan Alzheimer," ungkap patrick D Lyden, peneliti dari Cedars-Sinai Medical Centre di Los Angeles.

"Sangat mengejutkan bahwa terhambatnya satu pembuluh darah kecil mampu menyebabkan perubahan perilaku," ungkap Andi Y Shih, dari University of California, San Diego.

Hal ini ditemukan peneliti setelah mengamati 30 tikus di laboratorium. Mereka menemukan penyumbatan pada pembuluh darah di otak tikus mampu menyebabkan kerusakan yang sama dengan pasien demensia. Pembuluh darah tersebut terlalu kecil hingga tak bisa dideteksi melalui pemindaian MRI.

Meski begitu, peneliti menemukan bahwa memantine, obat Alzheimer, mampu membuat tikus yang terkena stroke ringan menjadi semakin aktif. Otak tikus yang diberikan memantine juga diketahu memiliki tanda-tanda kerusakan yang lebih sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar